4 Jenis Teh Kesehatan Untuk Pengobatan

Monday, August 6th, 2012 - Nutrisi

Jenis teh kesehatan yang beredar dipasaran memang telah banyak diketahui. Namun jenis teh kesehatan yang berguna untuk menyembuhkan penyakit sangat jarang diketahui oleh masyarakat luas.

Teh Darjeeling

Berikut 4 jenis teh kesehatan untuk pengobatan:

Teh Darjeeling
Teh ini disebut-sebut sebagai teh terbaik yang ada dunia. Pohonnya hanya terdapat di kaki bukit Himalaya, wilayah Darjeeling, India.
Manfaat: Lebih dari 15 hingga 20 persen populasi dunia terjangkit bakteri yang disebut H. pylori. Bakteri ini memicu penyakit lambung kronis, hingga kanker lambung. Namun, menurut penelitian terbaru teh Darjeeling mampu menghambat perkembangan bakteri ini.

Teh Oolong
Daun dari teh Oolong ini, diolah secara semi-fermentasi. Daun dibiarkan layu sebentar, lalu ditumbuk untuk memacu oksidasi. Daun lalu dikeringkan sebelum proses enzimatik selesai.
Manfaat: Menurut penelitian pada 1.500 orang, meminum setengah gelas hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen. Teh Oolong kaya akan antioksidan yang dapat mengontrol enzim.

Teh hitam
Teh hitam difermentasi secara penuh. Ini untuk mengeluarkan rasa khas, warna, dan aroma yang lebih berani. Saat diseduh, warnanya mendekati merah.
Manfaat: Empat senyawa antioksidan yang disebut theaflavins ditemukan pada teh hitam. Fungsinya adalah melindungi otak dari beberapa penyakit berbahaya. Peneliti Jerman pernah menemukan kalau senyawa ini berkontribusi pada perawatan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Teh Yerba Maté
Berasal dari jenis pohon teh langka yang ada di Amerika Selatan, teh Yerba Maté termasuk kategori teh herbal yang memiliki rasa seperti rumput. Untukk mengurangi rasa pahitnya, biasanya diseduh dengan air hangat dan bukan air mendidih.
Manfaaat: Pada 2011, pernah dilakukan penelitian dengan memasukan senyawa pada teh Yerba Maté, yang kemudian dicampurkan pada cawan berisi sel kanker usus. Hasilnya, sel kanker tersebut rusak dengan sendirinya. Tak ada salahnya mengonsumsi teh ini bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan.

sumber: boldsky
4 Jenis Teh Kesehatan Untuk Pengobatan | Stephen Seachlann | 4.5