Aneka Macam Jenis Beras Yang Dijual Di Indonesia

Beras yang dijual di pasar Indonesia memiliki aneka macam jenis beras. Setiap daerah memilih jenis beras yang populer di kalangan masyarakatnya seperti beras rojolele yang biasa dibudidayakan di wilayah jawa tengah dan jawa timur.

Aneka Macam Jenis Beras Yang Dijual Di Indonesia

Berikut aneka macam jenis beras yang dijual di Indonesia:

-Rojolele
Beras ini banyak tumbuh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terkenal karena teksturnya yang pulen lembut.

-Sentra Ramos
Beras Sentra Ramos disebut juga dengan beras IR 64, beras ini sangat populer di pasaran karena harganya yang sangat terjangkau. Beras asal Cianjur, Jawa Barat ini memiliki ciri fisik yang berbeda dengan beras lainnya yaitu butiran berasnya agak panjang dan lonjong, juga beraroma pandan. Setelah dimasak rasa berasnya cenderung pulen, namun tidak bisa disimpan lama karena mudah basi.

-Pandan Wangi
Sesuai dengan namanya, beras Pandan Wangi mengeluarkan aroma wangi pandan yang lembut. Beras yang juga berasal dari Cianjur ini berbentuk bulat dan berwarna sedikit kekuningan. Meskipun telah matang dimasak, aroma khasnya tetap tercium harum dan menggugah selera.

-Menthik
Beras Menthik adalah beras organik yang memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu menthik susu dan menthik wangi. Secara fisik bijiannya mirip dengan beras ketan namun lebih bulat dan pendek. Karena pulen dan lengket banyak juga yang menyebutnya dengan beras Jepang. Beras menthik berasal dari Desa Sidorejo, Bandongan, Jawa Timur.

-Beras Merah
Ternyata warna merah pada beras ini berasal dari aleuron yang mengandung gen untuk memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah. Beras merah banyak dikonsumsi pelaku diet karena menyehatkan.

-Beras Hitam
Beras asal Jawa Tengah ini namanya sangat beragam, di Solo disebut dengan Beras Wulung, di Sleman disebut Cempo Ireng atau Beras Jlitheng, di Bantul disebut Beras Melik. Lain lagi dengan Subang yang menyebutnya sebagai Beras Gadog. Beras yang dipanen lima bulan sekali ini memiliki rasa yang pulen, wangi dan sedikit manis.

sumber: dailymail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *