Beberapa Makanan Untuk Turunkan Hipertensi

Anda memiliki hipertensi? Jangan khawatir, hipertensi bisa diatasi secara alami dengan makanan-makanan tertentu. Apa saja makanan yang harus Anda konsumsi untuk menurunkan hipertensi?

Berikut beberapa makanan untuk turunkan hipertensi:
1. Susu skim
Susu skim atau susu yang hanya mengandung 1% susu akan memberikan Anda asupan vitamin D dan kalsium. Dua nutrisi itu akan membantu untuk menurunkan tekanan darah Anda hingga 3 – 10%. Susu skim juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 15%.

2. Bayam
Bayam yang hijau dan rendah kalori, serta banyak mengandung serat akan memberikan nutrisi berupa potasium, folat, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah Anda.

3. Biji bunga matahari tawar
Biji bunga matahari tawar, yang belum diberi garam, adalah sumber magnesium yang besar. Seperempat cangkir biji bunga matahari bisa menjadi cemilan yang bernutrisi. Hati-hati, jangan mengonsumsi biji bunga matahari yang sudah diberi garam, karena tentunya garam adalah hal yang harus dihindari jika Anda memiliki hipertensi.

4. Kentang ungu
Penelitian kecil yang dipresentasikan dalam pertemuan American Chemical Society tahun lalu menunjukkan, kentang ungu memiliki efek sama baiknya dengan oatmeal dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dilakukan dengan meminta partisipan mengonsumsi kentang ungu selama sebulan tanpa mengupas kulitnya.

5. Pisang
Pisang mengandung banyak potasium dan merupakan cemilan yang penuh nutrisi untuk mengatasi hipertensi Anda. Tambahkan banana pada sarapan Anda atau nikmati sebagai cemilan di siang hari.

6. Kacang kedelai
Kacang kedelai kaya akan potasium dan magnesium. Rebus secangkir kacang kedelai dan makan langsung untuk meredakan tekanan darah Anda. Ingat, jangan tambahkan garam.

7. Cokelat hitam
Mengonsumsi cokelat hitam sebanyak 30 kalori sehari akan membantu menurunkan tekanan darah Anda. Berdasarkan Journal of the American Medical Association (JAMA), Anda bisa menurunkan tekanan darah tanpa mengalami peningkatan berat badan setelah 18 minggu mengonsumsi cokelat hitam. PIlih cokelat hitam yang mengandung sekitar 70% bubuk cokelat.

8. Kismis
Studi Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center baru-baru ini menunjukkan bahwa ngemil kismis tiga kali sehari bermanfaat menurunkan hipertensi. Meski mereka belum yakin mekanisme kismis menurunkan tekanan darah, namun mereka memperlihatkan kandungan gizi kismis yang kaya kalium, zat antioksidan, serat, polifenol, dan asam fenolat.

9. Kiwi
Penelitian yang dipresentasikan di pertemuan American Heart Association akhir tahun lalu menunjukkan bahwa konsumsi kiwi setiap hari bermanfaat menurunkan hipertensi secara alami. Kandungan lutein kiwi yang memiliki efek antioksidan berperan menurunkan tekanan darah sistolik.

10. Semangka
Tak hanya memberikan efek segar, semangka mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, likopen, vitamin A, dan potasium. Studi Florida State University menunjukkan bahwa semangka juga mengandung asam amino L-citrulline/L-arginine, yang memberi efek menurunkan hipertensi.

sumber: huffingtonpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *