Burung Kakak Tua Yang Pintar Mengambil Makanan

Burung kakak tua ini sangat pintar dalam mengambil makanan yang ada di dalam kandang. Burung kakak tua ini mengambil makanan dengan menggunakan ranting kecil, yang ia jepit dengan paruhnya untuk mengambil kacang yang berada di luar jangkauan dirinya.

Burung kakak tua bernama Figaro yang berada di penangkaran hewan Austria memang memiliki kecerdasan melebihi kakak tua yang lain. Dalam penelitian hewan yang dilakukan oleh para peneliti, diungkap bahwa Figaro merupakan kakaktua pertama di dunia yang menggunakan alat untuk mengambil makanan.

Dalam penelitian, para peneliti menguji apakah Figaro mampu meraih kacang yang dibatasi oleh jeruji kandang. Kacang itu hanya berjarak beberapa centimeter, namun posisinya tidak memungkinkan ia untuk mengambil kacang dengan menggunakan paruhnya.

Figaro menggunakan ranting atau tongkat pendek untuk menjangkau makanannya. “Ini hampir, seolah-olah dia menemukan solusi dan kemudian berhasil menerapkannya. Tidak semua memahami dalam arti penggunaan alat memerlukan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi,” ujar Prof Kacelnik Kepada BBC Nature.

Figaro merupakan burung cerdas yang terekam mampu membuat dan menggunakan alat. Prof Kacelnik mengatakan bahwa perilaku ini menunjukkan tingkat kecerdasan untuk menyelesaikan masalah baru pada spesies.

sumber: bbc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *