Cara Mengatasi Pertengkaran Antar Saudara Kandung

Cara mengatasi pertengkaran antar saudara kandung bisa dengan berbagai cara. Bila anda berperan sebagai orang tua, maka seharusnya anda menerapkan peraturan rumah yang membuat anak-anak tidak saling bertengkar satu sama lain. Biasanya pertengkaran kakak beradik bisa dipicu berbagai hal.

Berikut cara mengatasi pertengkaran antar saudara kandung yang harus dilakukan orang tua:

-Tetapkan batasan
Sebagai orang tua yang netral, pertama Anda harus membuat batasan bagi masing-masing anak, bergantung pada perilaku dan kebiasaan mereka. Dudukkan bersama dan jelaskan pada mereka mengenai apa yang boleh dan tak boleh dilakukan. Misalkan, mereka tak boleh menggunakan kata-kata kotor, memukul, menendang, dan lainnya.

-Bersikap adil
Terlihat lebih menyukai salah satu anak adalah sikap yang salah dalam situasi seperti ini. Pastikan Anda menghabiskan waktu berkualitas yang sama dengan mereka secara pribadi. Lakukan aktivitas khusus bersama masing-masing anak yang tidak diikuti saudaranya. Ini akan membuat mereka merasa diperhatikan.

-Rasa cemburu
Pertengkaran biasanya terjadi karena rasa cemburu. Jika salah satu anak terlihat lebih pintar dan lebih patuh, kemudian Anda memberikan terlalu banyak pujian serta hadiah padanya, ini bisa menyebabkan anak lainnya merasa cemburu. Jadi, jangan terlalu membedakan dan memberikan pujian berlebihan. Puji anak secara wajar dan merata.

-Pisahkan mereka
Jika situasi semakin memburuk dan suasana memanas, maka ada baiknya Anda memisahkan mereka sementara. Usulkan gencatan senjata. Suruh mereka pergi ke kamar masing-masing untuk memikirkan apa masalah yang terjadi di antara mereka. Dengan begini mereka memiliki waktu untuk menenangkan diri.

-Tak selalu ikut campur
Ketika anak bertengkar satu sama lain, bukan berarti anda harus selalu ikut campur dalam pertengkaran mereka. Selama mereka tidak melakukan kekerasan fisik, bullying, atau menyakiti satu sama lain, biarkan mereka menyelesaikan pertengkaran mereka sendiri. Dengan begitu, mereka bisa belajar menemukan solusi bagi masalah mereka sendiri. Berdamai setelah bertengkar juga bisa semakin merekatkan hubungan antar saudara.

sumber: berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *