Cara Mengolah Limbah Kertas Menjadi Barang Berguna

Saturday, November 24th, 2012 - Edukasi

Mengolah limbah kertas menjadi barang berguna, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan limbah kertas adalah dengan mengubah limbah kertas manjadi mainan kertas lipat untuk anak-anak.

Berikut cara mengolah limbah kertas menjadi barang berguna:

-Membersihkan perabot rumah
Limbah kertas, seperti koran, dapat digunakan sebagai bahan pembersih perabot rumah. Rendam koran di dalam baskom air dan gunakan sebagai lap pembersih kaca. Anda juga dapat membersihkan jendela kendaraan dengan koran bekas.

-Menutupi dasar rak atau lemari
Anda dapat memanfaatkan kertas bekas sebagai dasaran rak buku atau lemari. Selain tidak merusak rak, barang-barang Anda juga tetap bersih.

-Pengering
Kertas bisa mengeringkan permukaan basah lebih cepat ketimbang lap kain. Anda dapat memanfaatkannya sebagai lap untuk perabot rumah yang basah.

-Dekorasi rumah
Gunakan sedikit imajinasi Anda untuk membuat sebuah dekorasi rumah yang terbuat dari limbah kertas. Anda mungkin bisa memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan lampu kertas atau bunga. Beberapa orang juga sering menggunakan kertas bekas sebagai bahan kertas daur ulang dengan beraneka warna.

-Membuat mainan
Anak-anak suka bermain dengan mainan baru. Anda dapat mengajarkan pada anak beberapa teknik origami dengan memanfaatkan limbah kertas. Dengan demikian, Anda mendorong anak untuk bersikap lebih kreatif dan sadar lingkungan.

-Menjaga kesegaran sayur
Anda dapat memanfaatkan koran sebagai pembungkus makanan, terutama sayuran hijau. Bungkus sayuran berdaun hijau dengan kertas bekas untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

sumber: berbagai sumber
Cara Mengolah Limbah Kertas Menjadi Barang Berguna | Stephen Seachlann | 4.5