Dampak Negatif Konsumsi Makanan Mengandung Formalin

Dampak negatif dari formalin yang terkandung pada makanan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena formalin sering digunakan sebagai pengawet produk-produk pangan maupun non pangan yang sifatnya mampu membunuh bakteri yang membusukkan makanan.

Formalin adalah nama dagang dari campuran formaldehid, metanol dan air. Formalin yang beredar di pasaran mempunyai kadar formaldehid yang bervariasi, antara 20 persen hingga 40 persen. Senyawa kimia formaldehida (juga disebut metanal), merupakan aldehida berbentuk gas dengan rumus kimia HCO.

Unsur yang terkandung dalam formalin adalah unsur aldehida yang mudah bereaksi dengan protein. Tidak hanya itu, formalin dapat pula menimbulkan kerusakan pada organ-organ tubuh lain. Dalam jangka pendek, misalnya, jika hidung menghirup formalin, efeknya akan terjadi iritasi dan rasa terbakar pada organ penciuman serta tenggorokan. Selain itu, formalin dapat menimbulkan gangguan pernapasan serta batuk.

Dalam jangka panjang formalin akan mengakibatkan kanker seperti kanker hidung, rongga hidung, mulut, tenggorokan, paru-paru, dan otak. Selain itu, penggunaan formalin yang terlalu sering akan mengganggu sistem kerja hati, kerusakan saraf, ginjal, paru-paru, dan organ reproduksi.

sumber: berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *