Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Bayam

Makan bayam  akan menjaga tubuh tetap sehat karena dalam bayam terdapat kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bayam merupakan jenis tumbuhan hijau yang mengandung banyak serat, beta karoten, serta berbagai macam vitamin dan mineral. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang terkandung di dalam bayam. Kandungan gizi bayam yang lain adalah kandungan protein yang cukup tinggi pada daun dan bijinya.

kandungan gizi bayam

Bayam tidak hanya enak untuk dikonsumsi. Namun konsumsi bayam secara teratur sangat baik untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Kandungan vitamin B yang terdapat dalam bayam, terutama asam folat sangat baik bagi ibu hamil, melahirkan, dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah yang meningkat. Tidak hanya itu, kandungan gizi dalam bayam juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang datang bulan.

Kandungan gizi bayam yang lain adalah asam oksalat dan asam folat. Keduanya bermanfaat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Misalnya eksim, asma, perawatan kulit wajah, kulit kepala serta rambut. Selain itu asam oksalat dan asam folat juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah sakit di gusi. Meskipun demikian, manfaat yang terutama adalah untuk mengatasi gejala anemia, seperti letih, lesu dan kurang bergairah.

Kandungan gizi bayam yang lain adalah asam amino. Asam amino sangat diperlukan dalam proses pembentukan sel-sel otak. Sehingga bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Kandungan lemak yang terdapat dalam bayam adalah lemak tak jenuh, yang merupakan lemak baik.Bahkan kabar baiknya, kandungan kolesterol dalam bayam adalah nol. Sehingga bayam sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita obesitas.

Kandungan vitamin dalam bayam juga sangat melimpah. Beberapa di antaranya adalah vitamin A yang sangat baik untuk untuk mata dan imunitas tubuh, Vitamin C dan E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membuat kulit menjadi halus dan untuk mencegah radikal bebas . Bayam juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.

Agar nilai gizi dalam bayam tetap terjaga, disarankan untuk tidak mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam setelah diolah. Karena bayam yang disimpan lebih dari lima jam atau dihangatkan mengandung asam oxalate. Asam oxalate dapat mengurangi penyerapan beberapa jenis nutrisi yang terdapat di bayam, misalnya zat besi yang hanya diserap sebanyak 53 persen serta kalsium yang hanya diserap sebanyak 5 persen.

Bahkan apabila terkena udara, asam oxalate akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi nitrit (NO2). Nitrit merupakan senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia. Sehingga sangat disarankan untuk segera mengkonsumsi bayam setelah matang.

sumber: huffingtonpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *