Makanan Untuk Menopause Wajib Konsumsi

Makanan untuk menopause sangat dianjurkan yang memiliki serat yang utuh seperti sayur dan buah. Selain itu makanan untuk menopause sebaiknya mencukupi kebutuhan kalsium harian guna menghindari terjadinya tulang keropos.

Berikut makanan untuk menopause wajib konsumsi:

-Makanan berserat
Masa menopause merupakan masa yang rentan terhadap masalah kesehatan pencernaan. Untuk itu, penuhi menu harian dengan serat utuh dari buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian, agar-agar, dan gandum. Selain baik bagi pencernaan, serat juga memainkan peranan penting dalam penurunan kolesterol, dan glukosa darah yang biasanya lebih mengincar di usia tersebut.

-Cukupi kalsium harian
Pengeroposan tulang merupakan kondisi yang jamak terjadi saat bertambahnya usia. Nah, untuk mengurangi risiko osteoporosis setelah menopause, mengonsumsi susu merupakan pilihan yang bijak. Penuhi asupannya terlebih saat sarapan dan sesaat sebelum tidur.

-Kacang kedelai
Selain mengandung serat alami, kedelai juga mengandung phytoestrogen dan isoflavon, yang dapat memperbaiki gejala menopause seperti hot flashes (gelisah dan berkeringat di malam hari). Kedelai bisa diolah menjadi susu, atau Anda bisa mengonsumsinya setelah diolah menjadi tahu maupun tempe.

-Protein
Mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging, telur, produk susu, dan kacang-kacangan akan membantu dalam proses penyembuhan akibat infeksi dan operasi.

-Buncis
Dengan kandungan serat alami, phytoestrogen, mineral, kalsium, asam folat dan vitamin B-6, akan membantu dalam memperlambat penyerapan glukosa dalam aliran darah.

-Air putih
Jangan lupakan konsumsi air putih yang cukup. Di balik kesederhanaannya, air putih merupakan cara terbaik untuk detoksifikasi dan juga menjaga kelembapan kulit meskipun usia tak lagi muda.

sumber: healthmeup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *