Manfaat Mangga Dan Nutrisi Mangga

Manfaat mangga dan nutrisi mangga yang menyehatkan tubuh. Malah membuat orang ingin mengolah berbagai makanan yang mengandung mangga. Selain itu asal muasal sejarah kata mangga di indonesia sendiri berasal dari kata malayalam maanga yang dipadankan dalam bahasa indonesia menjadi mangga. Kata ini kemudian baru dibawa oleh portugis ke eropa, diserap menjadi kata manga (portugis) dan mango (bahasa inggris).

Berikut manfaat mangga dan nutrisi mangga:

-Sumber Antioksidan
Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, zat gizi yang penting untuk fungsi retina. Beta-karoten dan vitamin C juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

-Kandungan vitamin C yang tinggi
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan 65 mg. Berarti, dengan mengonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewaa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

-Kandungan kalium yang melimpah
Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga mengandung kalium sebesar 189 mg. Namun dari aneka macam mangga atau jenis mangga. Mengkonsumsi mangga Harum Manis ukuran sangat kecil bisa memiliki 250 g.

-Membantu Pencernaan
Mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.

-Baik untuk Ingatan
Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

sumber: berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *