Melihat Gambar Makanan Malah Jadi Lapar

Melihat gambar makanan mungkin saja akan membuat anda lapar. Namun melihat gambar makanan mungkin saja menunjukkan anda ingin memakan suatu makanan. Sekelompok tim peneliti yang berasal dari Max Planck Institute melakukan penelitian mengenai mengapa melihat gambar makanan bisa membuat orang jadi lapar.

"melihat gambar makanan"

Salah seorang peneliti dari Max Planck Institute bernama Petra Schussler menyatakan bahwa otak kita memproses rangsangan visual, dan tanpa sadar memicu proses fisik yang mengendalikan persepsi kita tentang nafsu makan. Mekanisme ini bisa mendorong kita untuk makan sepotong cheese cake walau sudah kenyang.

Petra Schussler juga menjelaskan bahwa visualisasi santapan yang menarik akan merangsang hormon ghrelin. Sedangkan hormon ghrelin adalah protein dalam darah yang mengontrol rasa lapar. Temuan ini menunjukkan bahwa hasrat konsumsi makanan tak hanya dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang lapar  atas kebutuhan energi, tapi juga dipengaruhi oleh visualisasi dengan melihat gambar makanan.

Petra Schussler merekomendasikan mereka yang sedang menjalani program pelangsingan tubuh atau yang memiliki masalah berat badan untuk menghindari melihat gambar makanan yang memancing nafsu makan. Munculnya iklan produk makanan atau program kuliner yang disertai detail gambar makanan di majalah atau televisi telah dianggap memberikan kontribusi terhadap angka kenaikan berat badan di tengah masyarakat.

Tim peneliti melibatkan sejumlah pria sehat sebagai responden. Selain menyelidiki proses molekuler terkait kontrol konsumsi makanan, mereka juga menganalisis reaksi fisiologis responden saat melihat  gambar makanan lezat dan gambar bahan non pangan.

Hasilnya, terjadi perbedaan konsentrasi hormon dalam darah, seperti ghrelin, leptin, dan insulin, yang memainkan peran dalam kontrol konsumsi makanan. Konsentrasi grehlin dalam darah meningkat tajam saat menanggapi rangsangan visual dengan melihat gambar makanan.

sumber: times of india

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *