Nutrisi Dan Manfaat Ubi Jalar

Nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam ubi jalar terdapat kandungan serat yang lebih banyak dari pada buah lain. Selain itu ubi jalar memiliki kalium lebih tinggi daripada pisang.

Nutrisi Dan Manfaat Ubi Jalar

Berikut nutrisi dan manfaat ubi jalar:

Kaya akan serat

Ubi jalar sangat kaya akan serat. Sebagai ilustrasi, ubi jalar dengan ukuran sedang memiliki kandungan 7 gram serat. Kelebihan lain dari serat yang ada pada ubi jalar adalah serat tersebut mampu menghasilkan energi yang dilepaskan secara perlahan-lahan. Sehingga Anda akan lebih lama merasa kenyang.

Kaya akan kalium

Kalium adalah jenis mineral yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Selain itu kandungan kalium dalam ubi jalar juga akan memaksimalkan fungsi elektrolit serta memelihara kesehatan sistem saraf tubuh kita.

Kaya akan vitamin B6

Ubi jalar mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan untuk mengurai homosistein. Homosistein adalah zat yang berperan dalam pengerasan pembuluh darah. Dengan adanya vitamin B6, maka dinding dari pembuluh darah akan terbebas dari homosistein. Sehingga fleksibilitas pembuluh darah menjadi lebih baik dan darah dapat mengalir dengan lancar.

Kaya akan vitamin A

Seperti halnya wortel, ubi jalar juga kaya akan vitamin A.Vitamin ini terkenal sangat baik untuk mata. Selain itu, kandungan vitamin A pada ubi jalar tergolong sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah berbagai jenis kanker. Ubi jalar mengandung beta karoten yang berguna untuk melindungi kulit dari serangan sinar matahari.

Rendah karbohidrat

Meskipun terasa lebih mengenyangkan setelah melahapnya, tapi ubi jalar memiliki kandungan karbihidrat yang lebih rendah dari kentang. Jika dibandingkan ubi dan kentang yang berukuran sedang memiliki jumlah karbohidrat yang berbeda. Diketahui, kentang mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat.

Mengandung vitamin C dan E

Vitamin C dan E  yang terdapat di ubi jalar tergolong sebagai anti oksidan yang berperan penting dalam mencegah penyakit. Selain itu, vitamin c dan vitamin e mampu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Jadi jangan anggap remeh ubi jalar. Karena umbi yang satu ini akan membuat Anda semakin cantik.

sumber: boldsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *