Penemuan Spesies Burung Hantu Di Indonesia

Friday, February 15th, 2013 - FloraFauna

Penemuan spesies burung hantu yang ditemukan di Lombok, Indonesia ditemukan oleh tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh George Sangster dari Department of Zoology, Stockholm University, Swedia.

Penemuan Spesies Burung Hantu Di Indonesia

Spesies burung hantu terbaru yang ditemukan adalah burung hantu Rinjani Scops (Otus jolandae). George menjelaskan bahwa dirinya di Lombok untuk mengumpulkan rekaman suara dari populasi lokal mengenai spesies nightjar (burung yang aktif di malam hari). Pada malam hari timnya tiba di Lombok, dan mendengar vokalisasi burung hantu iyang tidak biasa didengar oleh George Sangster.

Awalnya, George tidak yakin bahwa spesies ini merupakan spesies yang telah diketahui sebelumnya dari Jawa dan Bali. Jenis burung hantu Rinjani Scops awalnya diduga mirip dengan jenis burung hantu Moluccan Scops. Moluccan Scops merupakan spesies yang sebelumnya dilaporkan telah ditemukan di Lombok.

Namun demikian, ilmuwan sadar akan perbedaan burung hantu yang pernah ditemukan dan diamati sebelumnya. Perbedaan mulai diketahui saat tim membandingkan rekaman kicauan burung hantu yang sebelumnya telah ditemukan dengan burung hantu yang ditemukan saat ini.

sumber: berbagai sumber
Penemuan Spesies Burung Hantu Di Indonesia | Yasmin Ellen Dian | 4.5