Penemuan Untuk Berhenti Dari Candu Narkoba

Berbagai macam cara berhenti dari kecanduan narkoba telah diteliti. Dan kini para peneliti menemukan bukti ilmiah agar seorang pecandu narkoba bisa berhenti secara total. Para peneliti ini berasal dari ARC Research Fellow di University of Adelaide.

Studi laboratorium ARC Research Fellow menunjukkan bahwa obat (+)-naloxone secara selektif akan menghentikan respon terhadap candu. Ilmuwan menemukan, obat tersebut dapat membantu pasien yang mengalami nyeri serta membantu pecandu untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi narkotik.

Mark Hutchinson dari ARC Research Fellow di University of Adelaide menyatakan bahwa pihaknya dapat memblokir kecanduan melalui sistem kekebalan dari otak, tanpa melukai jaringan otak. Menurutnya, kedua sistem saraf pusat dan sistem kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam menciptakan kecanduan. Penelitian ini menunjukkan, peneliti hanya perlu memblokir respon kekebalan dalam otak untuk mencegah keinginan obat-obatan tersebut.

Tim telah memfokuskan upaya penelitian mereka pada reseptor imun yang dikenal sebagai reseptor 4 (TLR4). “Obat opioid seperti morfin dan heroin terikat dengan TLR4 dalam cara serupa pada respon kekebalan normal terhadap bakteri. Masalahnya adalah TLR4 kemudian bertindak sebagai penguat candu,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, obat (+)-naloxone secara otomatis menutup candu. Obat itu menutup kebutuhan untuk mendapatkan opioids dan menghilangkan perilaku yang berkaitan dengan kecanduan serta neurokimia dalam perubahan otak.

sumber: sciencedaily

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *