Peraturan Pemasangan Microchip Pada Anjing

Sebuah badan animal welfare atau peduli hewan, Dogs Trust di Irlandia mengimbau pemilik anjing untuk mendukung aturan baru yang dibuat pemerintah setempat. Aturan tersebut mengharuskan setiap anjing yang lahir dipasangi sebuah Microchip.

Dikutip dari Newtownabbeytoday, Dogs Trust menyambut hangat pengenalan microchip yang wajib dikenakan pada anjing peliharaan itu. Mereka mengingatkan pemilik akan pentingnya perangkat berukuran mini tersebut yang ditanamkan di bawah kulit anjing peliharaan.

Dogs Trust menyampaikan prosedur mengenai microchip itu dan mengklaim tidak akan menimbulkan rasa sakit pada hewan peliharaan tersebut. Fungsi dari microchip ini antara lain, berisikan detail tentang pemilik anjing beserta alamat. Rincian informasi itu tersimpan pada database pusat yang dapat diakses oleh polisi dan Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSCPA).

Selain itu, perangkat berukuran mini itu juga bisa mencatat perihal riwayat medis hewan peliharaan. Sehingga, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baik hilang atau tersesat maupun sakit, perangkat chip ini bisa sangat membantu pemilik anjing tersebut.

Pemerintah di negara setempat mengatakan microchip itu akan berguna untuk memudahkan polisi untuk melacak anjing yang galak. Apabila anjing tersebut tiba-tiba menyerang dan melukai orang lain, sehingga bisa diketahui siapa pemilik anjing itu serta memastikan mereka dapat dituntut karena tidak menjaga hewan peliharaannya itu dengan baik.

Sejak Mei 2011, Dog Trust telah menyelenggarakan hingga ratusan roadshow atau kampanye mengenai microchip tersebut. Mereka melatih dan menginformasikan beberapa staf pada toko yang menjual makanan hewan tentang microchip. Tidak hanya itu, Dog Trust juga bekerja sama dengan praktek dokter hewan serta pemerintah Irlandia Utara.

Manajer Dogs Trust, Ronnie Milshop mengatakan, “Undang-undang merupakan langkah maju yang signifikan bagi kesejahteraan anjing dan tanggung jawab pemilik anjing. Kami senang bahwa lebih dari 67 ribu pemilik anjing di Irlandia Utara telah mengambil keuntungan dari penawaran microchip kami,” pungkasnya.

sumber: Newtownabbeytoday

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *