Tetap Sehat Walau Begadang Demi Euro

Menonton Euro hingga dibela – belain begadang tentu akan menurun kesehatan anda. Alangkah lebih baik jika kita tetap sehat walau begadang nonton euro.

Walaupun menyenangkan, dalam menyaksikan acara pertandingan euro tapi sebaiknya janganlah terlena. Karena siaran langsung yang disaksikan pada malam bahkan dini hari, dapat dipastikan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Meski secara umum hanya rasa kantuk yang diderita, Dr. Ari Fahrial Syam, punya informasi lainnya. Menurutnya, rutin begadang akan mengakibatkan kelelahan yang kompleks. Baginya, bukan hanya sekedar rasa kantuk karena kurangnya waktu tidur, dampak akan kesehatan yang buruk sebenarnya juga mengintai.

Dampak kelelahan bagi kesehatan seperti gangguan kesehatan secara umum menjadi risiko yang biasanya tidak terlihat. Selain itu, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh merupakan ancaman jika dilakukan terlalu sering. Dr. Ari menambahkan, kelelahan serta stres yang tinggi juga akan mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh.

Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Dampak kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan dan kondisi ini diperburuk oleh konsumsi rokok atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh yang berlebihan. Lainnya, konsumsi suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein sebenarnya justru memperparah kondisi tubuh yang sebenarnya lemah. Tidaklah salah untuk menyaksikan pertandingan sepak bola saat malam atau dini hari. Namun pastikan Anda menyertainya dengan mengonsumsi makanan sehat dan atur waktu tidur yang cukup.

sumber: berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *