Cara melindungi anda dari Covid-19

Data menunjukkan bahwa virus COVID-19 terutama menyebar dari orang ke orang di antara mereka yang melakukan kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki, atau 2 meter). Virus menyebar melalui tetesan pernapasan yang dikeluarkan ketika seseorang yang terinfeksi virus batuk, bersin, bernapas, bernyanyi atau berbicara. Tetesan ini dapat terhirup atau mendarat di mulut, hidung atau mata orang di dekatnya.

Terkadang virus COVID-19 dapat menyebar ketika seseorang terpapar tetesan kecil atau aerosol yang bertahan di udara selama beberapa menit atau jam – disebut penularan melalui udara.

Dapatkan Vaksinasi dan dapatkan informasi terbaru tentang vaksin COVID-19 Anda

Vaksin COVID-19 efektif mencegah Anda jatuh sakit. Vaksin COVID-19 sangat efektif untuk mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian.
Vaksinasi adalah cara terbaik untuk memperlambat penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.
CDC merekomendasikan agar setiap orang yang memenuhi syarat tetap mendapatkan informasi terbaru tentang vaksin COVID-19 mereka, termasuk orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Pakai masker

Setiap orang yang berusia 2 tahun ke atas harus mengenakan masker yang pas di dalam ruangan di tempat umum di area di mana Tingkat Komunitas COVID-19 tinggi, terlepas dari status vaksinasi. Kenakan masker dengan ukuran, perlindungan, dan kenyamanan terbaik untuk Anda. Jika Anda berada di area dengan Tingkat Komunitas COVID-19 yang tinggi dan berusia 2 tahun ke atas, kenakan masker di dalam ruangan di tempat umum. Jika Anda sakit dan perlu berada di sekitar orang lain, atau sedang merawat seseorang yang memiliki COVID-19, kenakan masker.
Jika Anda berada pada peningkatan risiko penyakit parah, atau tinggal bersama atau menghabiskan waktu dengan seseorang yang berisiko lebih tinggi, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang mengenakan masker di Tingkat Komunitas COVID-19 sedang. Orang yang memiliki kondisi atau sedang mengonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan mereka mungkin tidak sepenuhnya terlindungi meskipun mereka sudah mendapatkan vaksin COVID-19 yang terbaru. Mereka harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang tindakan pencegahan tambahan apa yang mungkin diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Vaksin COVID-19 untuk Orang dengan Kekebalan Sedang atau Berat
Setiap orang yang berusia 2 tahun atau lebih—termasuk penumpang dan pekerja—harus mengenakan masker atau respirator yang pas di area dalam ruangan transportasi umum (seperti pesawat terbang, kereta api, bus, feri) dan pusat transportasi (seperti bandara, stasiun, dan pelabuhan), terutama di lokasi yang ramai atau berventilasi buruk seperti jalur jet bandara.

Tetap berjarak 6 kaki dari yang lain

Di dalam rumah Anda: Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit, jika memungkinkan. Jika memungkinkan, pertahankan jarak 6 kaki antara orang yang sakit dan anggota rumah tangga lainnya. Jika Anda merawat seseorang yang sakit, pastikan Anda mengenakan masker yang pas dan ikuti langkah-langkah lain untuk melindungi diri Anda sendiri.
Di dalam ruangan di depan umum: Jika Anda tidak mengetahui informasi terbaru tentang vaksin COVID-19, menjauhlah setidaknya 6 kaki dari orang lain, terutama jika Anda berisiko lebih tinggi sakit parah dengan COVID-19.

Hindari ruang dan keramaian yang berventilasi buruk

Jika di dalam ruangan, bawalah udara segar dengan membuka jendela dan pintu, jika memungkinkan.
Jika Anda berada pada peningkatan risiko sakit parah akibat COVID-19, hindari tempat-tempat ramai dan ruang dalam yang tidak memiliki udara segar dari luar.

Tes untuk mencegah penyebaran ke orang lain

Anda dapat memilih dari berbagai jenis tes.
Tes untuk SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan COVID-19) memberi tahu Anda jika Anda memiliki infeksi pada saat tes. Jenis tes ini disebut tes virus karena mencari infeksi virus.
Terlepas dari jenis tes yang Anda pilih, hasil tes positif berarti Anda memiliki infeksi dan harus mengisolasi dan memberi tahu kontak dekat Anda untuk menghindari penyebaran penyakit ke orang lain.
Tes mandiri yang dijual bebas adalah tes virus yang dapat digunakan di rumah atau di mana saja, mudah digunakan, dan memberikan hasil yang cepat. Siapa pun dapat menggunakan tes mandiri, terlepas dari status vaksinasi mereka atau apakah mereka memiliki gejala.
Tes mandiri COVID-19 adalah salah satu dari banyak tindakan pengurangan risiko, bersama dengan vaksinasi, masker, dan jarak fisik, yang melindungi Anda dan orang lain dengan mengurangi kemungkinan penyebaran COVID-19.

Sering cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik terutama setelah Anda berada di tempat umum, atau setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
Sangat penting untuk mencuci tangan Anda:
Sebelum makan atau menyiapkan makanan
Sebelum menyentuh wajahmu
Setelah menggunakan kamar kecil
Setelah meninggalkan tempat umum
Setelah meniup hidung, batuk, atau bersin
Setelah memegang topengmu
Setelah mengganti popok
Setelah merawat seseorang yang sakit
Setelah menyentuh hewan atau hewan peliharaan
Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan hingga terasa kering.
Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

Menutupi batuk dan bersin

Jika Anda memakai masker: Anda bisa batuk atau bersin ke masker Anda. Kenakan masker baru yang bersih sesegera mungkin dan cuci tangan Anda.
Jika Anda tidak memakai masker: Selalu tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, atau gunakan siku bagian dalam dan jangan meludah.
Buang tisu bekas ke tempat sampah. Segera cuci tangan dengan sabun dan air minimal 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

Bersihkan dan disinfeksi

Bersihkan permukaan dengan sentuhan tinggi secara teratur atau sesuai kebutuhan dan setelah Anda memiliki pengunjung di rumah Anda. Ini termasuk meja, gagang pintu, sakelar lampu, meja, pegangan, meja, telepon, keyboard, toilet, faucet, dan wastafel. Jika seseorang sakit atau dinyatakan positif COVID-19, desinfeksi permukaan yang sering disentuh. Gunakan produk disinfektan rumah tangga dari ikon eksternal Daftar N: Disinfektan untuk Coronavirus (COVID-19) EPA sesuai dengan petunjuk label pabrikan. Jika permukaan kotor, bersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum disinfeksi.

Pantau kesehatan Anda setiap hari

Waspadai gejala: Waspadai demam, batuk, sesak napas, atau gejala COVID-19 lainnya. Ukur suhu Anda jika gejalanya berkembang. Jangan mengukur suhu tubuh Anda dalam waktu 30 menit setelah berolahraga atau setelah minum obat yang dapat menurunkan suhu tubuh Anda, seperti asetaminofen. Ikuti panduan CDC jika gejala berkembang. Gejala pemantauan sangat penting jika Anda menjalankan tugas, pergi ke kantor atau tempat kerja, dan dalam pengaturan di mana mungkin sulit untuk menjaga jarak fisik 6 kaki.